stat counter

MAXBET Indonesia | Agen Bola MAXBET Online

Bandar Taruhan Bola Online Terpercaya dan teraman di Indonesia SBOBET

Tehnik Dasar Bermain Baseball

Olah Raga Baseball – Bagi pemula yang mempunyai minat untuk bermain baseball harus mengetahui teknik dasar yang harus dikuasai lebih dahulu saat bermain. Sebab jika tekniknya tidak bisa dikuasai dengan benar maka bisa membuat tim mengalami kesulitan dan malah memudahkan tim lawan untuk mencetak run. Berikut ini akan dijelaskan teknik dasar yang harus dikuasi seperti Melempar, Memukul dan Menangkap bola baseball.

Melempar Bola Baseball

Melempar bola adalah tugas dari seorang Pitcher ( pelempar ). Pitcher berada pada posisi sekitar lingkaran daerah Pitcher sampai daerah dekat home plate. Dan tugas yang harus dilakukan seorang Pelempar adalah dengan melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola dan membantu pemain dibelakang home plate.

Seseorang Pitcher harus bisa menguasai teknik lemparan dengan cara yang berbeda. Setiap lemparan memiliki efek yang berbeda. Ada 3 jenis lemparan yang biasa dilakukan oleh seorang Pitcher, ada yang lemparan bola yang melesat cepat, ada lemparan bawah yang lambat, dan ada juga yang melempar dengan lemaparan yang melintir. Dan sangat disarankan untuk seorang Pitcher melempar dengan melempar dengan tebakan yang susah ditebak lawan.

Ketika ingin melempar bola usahakan untuk berada pada posisi berdiri yang benar dan menghadapap ke pandangan Catcher ( penangkap ). Pegang bola di balik paha dan sembunyikan dari padangan Batter lawan. Lalu ayunkan lengan dari belakang ke depan tetapi dengan catatan stabil. Putarlah kaki kanan dan badan ( pivot ) hingga mengarah ke Base ketiga.

Saat tangan masih berada di posisi belakang, angkatlah kaki kiri keatas kemudian langkahkan kaki kiri lurus ke depan. Ayunkan lengan dan lemparkan bola ke arah Catcher dengan kekuatan penuh atau sebisa mungkin hingga tidak bisa dipukul oleh Batter.

Memukul

Tugas dari seorang pemukul ( Batter ) adalah dengan memukul bola yang dilemparkan dari pelempar (Pitcher ). Dan juga bertugas untuk mencetak angka ( run ). Dan untuk hal itu, Batter harus dapat memukul bola dengan baik dan lari ke base ( base runner ), kemudian menginjak tiga base secara berurutan untuk kembali ke home plate. Bila seorang Batter dapat memukul bola namun bola tersebut langsung didapatkan ada baik nya bila seorang Batter tidak mengambil tiga base secara langsung karena berisiko untuk terkena lempar oleh Pitcher dan malahan tidak medapatkan skor sama sekali.

Ketika masih dalam posisi bersiap untuk memukul, seorang Batter harus bisa memprediksikan cara apa yang digunakan sang Pitcher melempar. Bila sudah mahir, ia mampu melakukan pukulan big swing untuk membawakan suatu kemenagan home run untuk tim nya.

Lalu untuk cara memegang stick dengan benar, adalah suatu langkah awal yang seorang Batter harus ketahui dan suatu langkah paling dasar untuk menjadi seorang Batter professional. Anda harus memegang stick dengan kedua tangan hingga batas tempat bagian pegangan. Usahakan agar jari-jari tangan Anda rapat melingkari batas pemukul, hal ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan yang penuh dalam melakukan pemukulan. Pegangan tangan Anda harus kuat dan benar agar saat Anda mengayun, stick yang Anda pegang tidak terlepas.

Berikut ini cara memegang stick / tongkat Baseball yang benar:

Saat menunggu lemparan Pitcher, buka kedua kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk. Pusatkan Pandangan pada bola yang akan meluncur kearah Anda.

Posisikan badan Anda agak condong ke depan untuk menjaga keseimbangan. Pegangan agak ke belakang, siku bengkok, bahu sejajar dan sedikit agak ke bawah. Saat akan memukul posisi badan tegak lurus di depan bahu kanan.

Ketika sang Pitcher sudah dalam posisi mengangkat kaki cobalah untuk membuka kaki selebar bahu dan cobalah untuk sedikit ditekuk. Pandangan mata fokus kepada sang Pitcher saja, ayunkan bat mengenai bola dengan cepat memakai kekuatan lengan.

Menangkap

Menangkap (Fielding) Kunci untuk menangkap bola bisbol adalah semakin tubuh kamu tepat di depan bola, maka semakin dekat kesempatan untuk bisa menangkap bola dengan tepat.

Seorang baserunner yang baik tidak harus bergantung pada kecepatan untuk menjadi efektif melainkan hanya perlu mengerti bagaimana menjalankan basis. Kecepatan mungkin memang akan membantu seorang baserunner. Kemampuan Baserunning juga berasal dari pemahaman keadaan permainan, seperti apakah tim Anda berada di depan atau di belakang, tingkat keterampilan batter yang akan datang dan kekuatan lengan outfielders lawan.

Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher sendiri adalah menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.

Dan terdapat juga tiga cara untuk menangkap bola oleh seorang catcher yaitu:

  • Cara menangakap bola rendah: Badan sedikit jongkok, kedua tangan berada di bawah dengan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola lurus: badan agak diangkat lebih tinggi, kedua tangan dan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola tinggi: badan diangkat lebih tinggi lagi, kedua tangan diangkat ke atas.
Bola 100 | Agen Bola Terpercaya © 2019